Puslitbang ATR/BPN Press: Land Consolidation Challenge: Agenda Konsolidasi Tanah pada Masa Depan

Judul: Land Consolidation Challenge: Agenda Konsolidasi Tanah pada Masa Depan
Penulis: Waryanta
ISBN: -
Berat: 300 gram

Sinopsis:

60 tahun lebih perjalanan panjang konsolidasi tanah telah mewarnai kebijakan pertanahan dari regim pemerintahan satu ke pemerintahan lain. Rekam jejak kisah sukses telah ditorehkan untuk menyelesaikan permasalahan pertanahan. Penyediaan tanah untuk rekonstruksi paska bencana, penyediaan tanah untuk permukiman, penataan kawasan kumuh, mengatasi fragmentasi lahan dengan pendekatan corporate farming, serta pengembangan pertanian berbasis agrowisata. Namun demikian, kisah sukses tersebut belum terdengar gemanya sehingga belum menjadi “lirikan’ pengambil kebijakan untuk mengatasi berbagai masalah pertanahan yang semakin kompleks dan ruwet.

Kedepan, konsolidasi tanah masih banyak menghadapi tantangan dalam implementasi di lapangan. Rendahnya komitmen dan kolaborasi dari pemangku kepentingan, munculnya sengketa lahan, belum jelasnya wilayah tanah ulayat dan hak milik adat, pemetaan tanah yang dengan metode stelsel negatif, jual beli lahan di bawah tanah, adanya tanah absentee dan lain sebaginya adalah kendala yang masih hadir dalam pelaksanaan konsolidasi tanah pada masa depan. Tantangan ini butuh penyelesaian secara cermat dan hati-hati sehingga dibutuhkan kajian, penelitian, kebijakan, pemodelan dan roadmap penyelesaian secara bertahap dan jelas. Agenda konsolidasi tanah masa depan adalah menyusun peraturan yang mampu mengikat komitmen dan kolaborasi pemangku kepentingan, mewujudkan pengembangan pertanahan, merealisasikan konsolidasi tanah vertikal dan mewujudkan konsolidasi tanah pada Bank Tanah.

Buku Land Consolidation Challenge: Agenda Konsolidasi Tanah pada Masa Depan merupakan buku yang hadir untuk memotret berbagai solusi, tantantangan serta agenda konsolidasi tanah pada masa depan, sehingga menjadi jalan keluar untuk mengatasi permasalahan pertanahan pada masa depan.