Puslitbang ATR/BPN Press: Layanan Elektronik Pertanahan dan Tata Ruang

Judul: Layanan Elektronik Pertanahan dan Tata Ruang

Penulis: Hadi Arnowo

ISBN: -

Berat: 300 gram

Sinopsis:

Dewasa ini tuntutan masyarakat terhadap layanan publik semakin tinggi, termasuk layanan pertanahan dan tata ruang. Masyarakat menginginkan layanan yang cepat, mudah dan murah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam bentuk aplikasi sangat membantu mendorong instansi pemerintah menyediakan layanan yang terbaik. Penerapan layanan elektronik merupakan amanah dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Sedangkan di lingkup Kementerian ATR/ BPN, dasar hukum penyelenggaraan SPBE berdasarkan Peraturan Menteri ATR/ Kepala BPN Nomor 23 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional.

Sejalan dengan tuntutan masyarakat dan pemerintah tersebut, berbagai aplikasi diciptakan baik sebagai pendukung kegiatan operasional maupun sebagai sarana informasi. Sebagian besar aplikasi di lingkungan Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional telah berbasis web sehingga mudah diakses melalui platform android maupun sistem operasi desktop. Berbagai aplikasi tersebut dapat diakses melalui portal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional atau dari portal masing-masing komponen teknis.

Masyarakat perlu mengetahui berbagai layanan elektronik di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional agar dapat memanfaatkan sesuai kebutuhan. Buku ini memberikan gambaran tentang berbagai aplikasi lengkap dengan beberapa fitur penting yang akan ditelusuri. Penjelasan dari masing-masing aplikasi akan memberikan panduan singkat mengenai pemanfaatannya. Diharapkan isi buku ini dapat memberikan informasi jelas mengenai pemanfaatan aplikasi layanan pertanahan dan tata ruang.