Puslitbang ATR/BPN Press: Mengenal Hak-Hak Atas Tanah di Indonesia

Judul: Mengenal Hak-Hak Atas Tanah di Indonesia
Penulis: Hadi Arnowo
ISBN: -
Berat: 300 gram

Sinopsis:
Tema hak-hak atas tanah menarik untuk dibahas, mengingat setiap orang yang memerlukan tanah membutuhkan informasi mengenai bagaimana hak atas tanah diperoleh. Informasi mengenai hak-hak atas tanah tersaji secara lengkap dalam buku berjudul “Mengenal Hak-Hak Atas Tanah di Indonesia”. Penjelasan mengenai hak-hak atas tanah di Indonesia dimulai sejak berlakunya Undang-Undang Pokok Agraria sebagai kerangka hukum agraria nasional.

Penulis menyajikan di bagian awal mengenai konsep, prosedur hingga kewenangan penetapan hak atas tanah sebagai landasan penjelasan untuk materi-materi selanjutnya. Pada bab mengenai pengenalan hak-hak atas tanah yang berlaku di Indonesia, penulis menguraikan masing-masing hak atas tanah secara sistematis dan lengkap. Selanjutnya penulis membawa bahasan materi mengenai bagaimana prosedur penetapan hak terhadap berbagai jenis hak yang dimohon. Di bagian akhir penulis menyajikan materi mengenai materi terkait perubahan-perubahan yang terkait dengan hak atas tanah sebagai akibat terjadinya perbuatan hukum.

Tujuan penulis mengangkat tema mengenai hak-hak atas tanah adalah menjadikan buku ini sebagai rujukan untuk berbagai kalangan dalam memahami hak-hak atas tanah. Penulis menyadari terdapat kekurangan dalam jangkauan materi maupun cara penyampaian bahasan.  Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca penulis harapkan. Akhir kata penulis menginginkan buku ini bermanfaat.