Puslitbang ATR/BPN Press: Seputar Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah

Judul: Seputar Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah

Penulis: Hadi Arnowo

ISBN: -

Berat: 300 gram

Sinopsis:

Bahasan utama mengenai pertanahan tidak terlepas dari penguasaan dan pemilikan tanah. Urusan penguasaan dan pemilikan tanah akan bermuara pada pertanyaan bagaimana mengurus sertipikat tanah. Sertipikat tanah merupakan tanda bukti kepemilikan sangat didambakan oleh semua pihak sebagai bentuk pengakuan kepastian hak. Informasi dari berbagai pihak cenderung tidak akurat mengenai cara pengurusan hak atas tanah dan penerbitan sertipikat tanahnya.

 

Meskipun peraturan perundang-undangan terkait dengan proses penerbitan sertipikat tanah sudah dipublikasikan secara digital, tetapi itu saja belum informatif untuk dikonsumsi masyarakat. Masyarakat membutuhkan informasi yang akurat tetapi mudah diikuti alur pekerjaannya. Dapat dikatakan informasi yang akurat dan praktis harus menyajikan substansi peraturan perundang-undangan dengan bahasa yang gamblang.

Buku ini menawarkan kemudahan untuk memahami proses penerbitan sertipikat. Substansi berupa teori mengenai hak atas tanah dan jenis hak-hak atas tanah disajikan di awal tulisan. Maksud pemberian teori tersebut untuk memberikan dasar pemahaman mengapa proses penerbitan sertipikat memerlukan waktu dan penelitian tanah. Selanjutnya disampaikan tahapan-tahapan pengurusan sertipikat tanah berdasarkan kelompok bahasan yaitu perorangan, badan hukum dan instansi pemerintah. Selain itu disampaikan juga pengurusan sertipikat tanah untuk kondisi tertentu seperti untuk tanah wakaf, satuan rumah susun dan transmigrasi serta bagaimana orang asing dan badan hukum asing dapat memiliki hak atas tanah. Semoga pembaca dapat menikmati isi buku ini.