Seminar Hasil Kajian Kebijakan Tahun 2022 tentang "Pengembangan Pertanahan"

Kegiatan Seminar Hasil Kajian Kebijakan Tahun 2022 tentang "Pengembangan Pertanahan" yang dikoordinir oleh Sarjita, S.H., M.Hum., telah diselenggarakan pada hari Selasa, 11 Oktober 2022 di Hotel Gran Mahakam, Jakarta.

Seminar ini menghadirkan 3 (tiga) Narasumber, yaitu Tulus Hutagalung (Asisten Deputi Perencanaan Pengembangan Kawasan Strategis Ekonomi Kemenko Bidang Perekonomian) Deni Ahmad Hidayat, S.H., M.H. (Sesditjen Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan) Dr. Ir. Ernan Rustiadi, MAgr. (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, IPB).

Seminar ini juga menghadirkan 3 (tiga) Penanggap, yaitu Reza Firdaus, S.T., M.Sc (Kasubdit Pengembangan Pertanahan dan Pemanfaatan Tanah) Sigit Setiawan, S.T., M.Eng. (Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas PU Perumahan dan Kawasan Permukiman Yogyakarta) Ir. Sigit Rachmawan Adhi, S.T., M.M. (Kepala Kantor Pertanahan Kota Semarang).

Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan dan Standarisasi Kebijakan Agraria, Tata Ruang dan Pertanahan, Bapak Supardy Marbun, serta dipandu oleh Septina Maryanti Prihatin, S.Si., M.Si. (Peneliti Ahli Pertama Badan Riset dan Inovasi Nasional) sebagai moderator.

Topik pembahasan diantaranya terkait pengembangan pertanahan dan pemanfaatan tanah yang bermuara pada peningkatan nilai tanah, tercipta kualitas lingkungan yang lebih baik, tersedianya lingkungan yang mendukung iklim berusaha dan lingkungan yang aman dari bencana. Pembangunan pertanahan dan pengaturan terhadap penggunaan serta pemanfaatan tanah menjadi bagian penting yang diemban Kementerian ATR/BPN.

Semoga hasil kajian kebijakan ini bermanfaat bagi kita semua.